Minggu, 19 Januari 2014

Refleksi dan Resolusi Tahun 2014



Hidup selalu beriringan dengan sang waktu dan tanpa terasa sudah memasuki tahun 2014. Banyak harapan dan impian yang saya ingin wujudkan ditahun 2014 (tahun pemilu, kgk ada hubunganya ya. Hehe..). Banyak sebagian atau bahkan kebanyakan orang diawal tahun itu melakukan refleksi atau resolusi yang mengarah ke hal positif dan produktif. Ada pula yang melakukan intropeksi diri, yaitu apa saja yang telah dilakukan atau belum ditahun 2013 dan apa yang kurang atau harus diperbaiki serta apa yang belum dilakukan ditahun 2014 ini. Di tahun ini pula saya genap berusia 26 tahun (udah tua juga ya, hehe..) dan pastinya saya ingin melakukan hal-hal yang bermanfaat buat diri pribadi dan orang lain. 

Memang awal tahun adalah waktu yang tepat untuk menyusun rencana yang berserakan di otak namun jangan hanya wacana melainkan harus beraksi (seperi lagu Kotak. hehe..). Biasanya bulan pertama tahun baru semangat masih menggebu-gebu bahkan liar. Namun itu semua harus terus di pompa hingga bulan ke 12 sehingga segala keinginan dan impian harus terwujud dengan maksimal.  Mungkin ketika semangat itu mulai kendur, maka lihatlah impian-impian itu niscaya semangat itu akan kembali terpompa dengan sendirinya atau lihat seandainya impian itu terwujud maka maka orang sekitarnya agar merasa bangga dan senang.  

Adapun rencana besar saya yang harus terealisasi di tahun ini seperti: membuka usaha atau bisnis, sukses dalam hal berkarya (ngeband,penulis lagu), sukses dalam menuntut ilmu dan pastinya harus lebih religius dalam hal spritual. Memang harus diakui bahwa waktu itu seakan berlari ketika kita hanya diam tak melakukan aktivitas, namun sesungguhnya waktu tetap berjalan seperti apa adannya tanpa ia berlari atau tidak. Harus dari kita yang bisa mengatur waktu agar rencana dan keinginan kita tercapai dan jangan lupa pula libatkan Allah SWT pasti semua akan dimudahkan dan dilancarkan (Aamiin).

Banyak petuah orang bijak yang mengatakan bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin dan esok harus lebih baik dari hari ini, yang pada intinya detik demi detik, waktu demi waktu, hari demi hari, bulan demi bulan dan tahun demi tahun harus lebih baik. Tak hanya itu, banyak orang hebat yang bisa memanfaatkan waktu dalam sehari 24 jam sehari itu untuk menghasilkan sebuah penemuan atau karya yang hingga kini bisa dinikmati oleh banyak orang dan pastinya pahalanya selalu mengalir karena bermanfaat buat orang banyak. Menjadi pribadi hebat itu pasti membutuhkan proses namun itulah pembelajaran hidup yang nyata dan fakta. Berhasil dan gagal adalah dua pilihan yang tak terpisahkan. Ketika berhasil maka harus bersukur dan meningkatkan keberhasilan tersebut. Namun bila gagal, mencoba lagi dan tetap mencoba lagi hingga menemukan kata berhasil dari mulut mu itu. Ada yang berkata kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda dan itu bener bila ia melakukanya terus menerus hingga berhasil dan sukses. Karena di dalam sebuah ayat suci pun tertulis bahwa “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum mereka berusaha merubahnya sendiri”. Dari ayat tersebut saya mencoba menganalis dari sudut pandang pendapat pribadi,  intinya setiap individu punya hak untuk sukses dan berhasil tinggal individu itu saja yang menjalaninya. Mau sukses atau sebaliknya? Dalam hal kehidupan pun harus terus bermimpi dan selalu berusaha untuk meraih mimpi itu dengan berusaha sekuat tenaga tanpa melupakan doa. Tak ada segala sesuatu yang sia-sia bila dilakukan dengan sepenuh hati dan ikhlas. Cepat atau lambat pasti akan merasakan dampaknya dan itu merupakan harmoni kehidupan.

Dari tulisan iseng saya diatas, semoga bisa merefleksikan dan meresolusikan tahun 2014 ini menjadi tahun kesuksesan dalam segala hal termasuk jodoh, walaupun tahun tidak termasuk dalam rencana tapi tetap dalam lantunan doa dan usaha. Aamiin

@iqbalsaputra_20

19Januari 2014


Tidak ada komentar:

Posting Komentar